Kamis, 13 November 2014

Menikmati Keindahan Pulau Babi di Pantai Melawai ( BALIKPAPAN )

Pulau Babi memang hanya sebuah pulau kecil yang berada di wilayah perairan Balikpapan Kalimantan Timur. Keberadaan pulau Babi ini tak bisa lepas dari pulau Tukung, karena kedua pulau ini memiliki jarak yang tidak begitu jauh antara satu dengan yang lain, dan memiliki bentuk yang serupa sehingga  banyak masyarakat yang menganggap pulau Babi ini sama dengan pulau Tukung. Yang menjadi pembeda diantara keduanya adalah saat air laut surut, kita bisa berjalan kaki menuju pulau Babi, sedangkan pulau Tukung tetap dikelilingi air meskipun laut sedang surut sekalipun. Jadi untuk menuju ke sana, pengunjung harus menaiki perahu motor atau speed boat.
13393802861096026872
Pulau Babi Sore Hari (dok. pribadi)
Lokasi keberadaan pulau Babi ini juga sangat strategis, karena berada di pusat keramaian. Sangat dekat dengan pelabuhan Semayang dan Lapangan Merdekatepatnya di Pantai Melawai. Untuk bisa menuju ke sana, datanglah pada saat air laut surut (biasanya sore hari). Tanpa ada tiket masuk (karcis retribusi), kita bisa berjalan kaki di hamparan pasir putih yang lembut untuk menikmati keindahan pantai.
1339380793114420050
Pasir Putih menuju Pulau Babi (dok. pribadi)
Pulau kecil yang tak berpenghuni ini terdiri dari batu-batu karang yang kokoh dengan tanah di bagian atasnya, sehingga tumbuh berbagai macam pohon dan perdu di bagian puncaknya. Dari bagian atas pulau ini kita bisa menyaksikan banyak keindahan. Matahari terbenam, laut yang membiru dengan deretan kapal-kapal yang merapat di pelabuhan, hingga batu-batu karang yang kokoh dibagian pulau Babi itu sendiri.
13393817461435378979
View dari Pulau Babi (dok. pribadi)
Selain tempat untuk rekreasi keluarga, pulau ini juga sering kali dipakai untuk lokasi pemotretan beberapa model lokal, dan pemotretan untuk pra wedding.  Tak salah, karena selain mudah dijangkau, pulau ini juga menyajikan landscape pemandangan pantai dengan batu-batu karangnya yang eksotis.  Tak sedikit pula yang menikmati keindahan pulau kecil ini bersama sang kekasih.
1339382046124002832
Pulau Babi dilihat sisi lain (dok. pribadi)
Di celah-celah batu karang yang kokoh, tak jarang kita akan menjumpai berbagai binatang laut seperti  berbagai jenis ikan, dan kepiting.  Pemandangan nelayan yang sedang mencari ikan atau kapal-kapal nelayan yang terdampar karena surutnya air laut juga bisa kita jumpai di sini.
13393823591251989390
Kapal Nelayan (dok. pribadi)
Bila kita naik ke sisi Tenggara, kita akan menjumpai batu karang yang memiliki tekstur yang unik. Batu-batu berwarna kecoklatan itu nampak seperti berlapis-lapis. Bahkan salah satunya menyerupai mulut goa yang sangat indah. Tentu saja kita perlu ekstra hati-hati saat berada di tempat ini, karena di bawah sana ombak dan air laut akan menyambut kita jika kita terpeleset. Dari sini kita bisa memandang laut lepas yang seolah tanpa ujung.

Sedangkan jika kita naik pulau ini dari sisi Barat Laut, maka view pelabuhan Semayang dengan berbagai aktivitasnya, dan juga hutan kota Balikpapan yang indah akan membuat kita berdecak kagum. Kontur tanah di Balikpapan yang bergunung-gunung membuat pemandangan seolah benar-benar ada gunung di dekat pantai.
133938286369004852
View dari sisi Barat Laut (dok. pribadi)
Benar-benar wisata yang murah meriah yang penuh keindahan bukan? Jika anda bermaksud menikmati keindahan dengan makan bareng keluarga, di sepanjang Pantai Melawai juga terdapat berberapa penjual makanan dengan konsep lesehan. Namun jika anda kepengin yang lebih berkelas, tersedia juga sebuah resto yang menyajikan seafood dengan view pantai yang indah.
Anda tertarik dengan keindahan Pantai Melawai dengan Pulau Babi-nya? Silahkan saksikan sendiri di Balikpapan!

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda